Headlines News :
Home » , , , , , » HUT KINGMI JEMAAT GOLGOTA YANG KE-XII

HUT KINGMI JEMAAT GOLGOTA YANG KE-XII

Written By suaragolgota on Senin, 08 April 2019 | April 08, 2019


SAMBUTAN
GEMBALA SIDANG GEREJA KEMAH INJIL (KINGMI) JEMAAT GOLGOTA IRIGASI-TIMIKA

SALOOM! SEJAHTERA DALAM KASIH KRISTUS!

I.  SEJARAH SINGKAT


Pujian, Hormat serta Syukuran kami menaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang menjadi Kepala Gereja Sedunia atas suksesnya Acara HUT Yang Ke-XII Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi,Timika-Papua yang di selenggarakan tepat pada tanggal 8 April 2019. Kami sadari betapa sukar dan sulitnya upaya perjuangan kehadiran Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi,Timika-Papua.

          Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi,Timika-Papua hadir dengan menghadapi berbagai macam tantangan yaitu tantangan yang datang dari dalam seperti Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi,Timika-Papua mengadakan ajaran baru, doa yang tidak efektif, gereja anak-anak aibon, gereja karismatik, gereja Tubuh Kristus. Dan Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi, Timika-Papua juga menghadapi berbagai macam tantangan yang datang dari luar yaitu seperti, penipuan terhadap umat, pencurian tanah umat, perang antar suku, saling menyalahkan satu dengan yang lain.
          Di tengah-tengah situasi seperti itu Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi,Timika-Papua hadir untuk sama-sama melihat dan menyelesaikan situasi saat ini terutama di kota Timika yang penuh kekacauan dan peperangan ini.
Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi,Timika-Papua hadir sejak tanggal 23 Februari 2007 dan awalnya mulai bergerak dengan 5 orang di antaranya ialah Pdt Deserius Adii S.Th, Armarhum Ev Marthinus Koto, Bpk Ernest Kotouki SE, Bpk Andereas Kotouki, Oktovianus Koto
          Tanggal 23 Februari 2007 sampai 6 April 2007 hanya kami ibadah kelurga hari selasa dan jumat di halaman rumah Ernest Kotouki SE.
          Yang biasa ikut ibadah pertama ialah Bapak Alm. Marthinus Koto, Oktovianus Koto, Yusak Bobii, Oktovianus Kotouki, Ernest Kotouki, Yakomina Adii, Yanuaria Pigome, Marthina Ganouw, Yosina Kotouki, Paulina Iyai, Yuliana Anou, Marike Pigai, Elsi Auwe, Derek Wogee, Agus Auwe dan jiwa makin hari makin bertambah terus sampai 8 April 2007.
Tanggal 8 April 2007 kami mulai ibadah minggu pagi di halaman rumah Ernest Kotouki SE dan sekaligus Pdt Deserius Adii S.Th berkhotbah tentang “BUKIT GOLGOTA” karena hari minggu itu hari Paskah dan sesudah khotbah selesai maka Pos PI itu di beri nama “GOLGOTA” dan setiap tahun tanggal  8 April di jadikan sebagai sejarah berdirinya Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi-Timika-Papua.

II. TUJUAN DAN MAKSUD MEMBERIKAN NAMA GOLGOTA

  1.           Pengertian nama Jemaat GOLGOTA ialah Nama GOLGOTA diambil dalam bahasa Iberani yang berarti “Tempat Tengkorak”, Jadi GOLGOTA artinya “Persekutuan orang-orang yang sudah di tebus dan diselamatkan oleh Kematian Yesus Kristus di atas kayu salib di bukit GOLGOTA yang sedang menantikan Kedatangan Yesus Kristus Yang Kedua Kali”
  2.  Nama sebuah bukit yang terletak di Tanah Palestina di mana Yesus Kristus di salibkan di bukit GOLGOTA itu. (Mat,27:33; Mark,15:22)
  3. Alasan-alasan kami memberikan nama GOLGOTA adalah Karena mengingat ada beberapa hal yang terjadi di bukit GOLGOTA. Yaitu:
  • Karena di bukit GOLGOTA Yesus di salibkan demi dosa kita umat manusia (Yoh,19:18; Roma,6:6; Gal,5:24)
  • Karena di bukit GOLGOTA di sanalah darah Kristus mengalir untuk mengucihkan segala dosa kita (Yoh,19:34; Efs,2:13; 1Yoh,1:7)
  • Karena di bukit GOLGOTA di sanalah Yesus membayar kita dengan darah-Nya yang kudus (1 petr,1:18,19)
  • Karena di bukit GOLGOTA di sanalah kepala Iblis     di hancurkan oleh Kematian Yesus Kristus (Kej,3:15; Ibr,2:14)
  • Karena di Bukit GOLGOTA di sanalah permusuhan antara Allah dan manusia telah di damaikan oleh Yesus Kristus (Roma,5:10; Kol,1:20)
III. DASAR
Dasar membuka Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi –Timika   adalah:
  •        Mengingat Amanat Agung Yesus Kristus dalam Injil Matius,28:19-20.
  •        Mengingat Amanat Pengembalaan dalam Injil Yohanes 21: 15-19.
  •        Hasil Rapat Keputusan sekelompok warga Irigasi tanggal 23 Januari 2007.
  •      Hasil Rapat Keputusan Konverensi Istimewa Klasis Mimika pada tanggal 2-4 April 2007.
IV. TUJUAN
Dengan Tujuan membuka Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi Timika adalah  yaitu:
  • Untuk mengembangkan Amanat Agung Yesus Kristus yang di amanatkan dalam butir tiga nomor satu dan  dua juga.
  •  Untuk membina anggota Pos PI menjadi orang yang bertumbuh, berbuah dan berakar di dalam pertumbuhan iman rohani mereka.
  •   Untuk mengembangkan Program Pelayanan di tingkat Sinode KINGMI Papua dan di tingkat Klasis lebih khususnya Klasis Mimika
V. MOTO
Moto Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi-Timika adalah:
“Beritakanlah Injil Baik Atau Tidak Baik Waktunya.”
VI. VISI
Visi Gereja Kemah Injil (KINGMI) GOLGOTA Irigasi Timika adalah:
“Membawa Jiwa-Jiwa Yang Sedang Hilang Dalam Dosa Ke Bukit Golgota.”
VII. MISI
Misi Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi-Timika adalah:
“Mengajar,Mengarahkan,Membimbing, Menginjili, Membawa Jiwa –Jiwa  Melalui Doa Kepada Kristus Ke Bukit Golgota.”
VIII. PENGAKUAN IMAN
Pengakuan Iman Gereja KINGMI Jemaat Golgota Irigasi-Timika yaitu:
  1. Aku percaya bahwa ALKITAB, Perjanjian Lama dan Baru adalah FIRMAN ALLAH, yang diilhamkan, tidak berubah dan tidak mungkin salah (2 Timotius 3:16; 2 Petrus 1:19-21).
  2.  Aku percaya kepada ALLAH YANG MAHAESA KHALIK LANGIT DAN BUMI, yaitu ALLAH BAPA, PUTERA DAN ROH KUDUS (Ulangan 6:4; Matius 3:16-17; Matius 28:19; 2 Korintus 13:13)
  3.  Aku percaya bahwa TUHAN YESUS KRISTUS PUTERA ALLAH YANG TUNGGAL yang telah menjadi manusia, dilahirkan oleh perawan Maria dan mati di kayu salib karena dosa-dosa kita, dikuburkan, bangkit pada hari ke tiga, lalu naik ke Surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa dan akan datang kembali (Matius 1:18; Lukas 24:50-51; Yohanes 3:16; 14;2-3; Kisah Rasul 1:11; I Korintus 15:3-4; I Tesalonika 4:13-18; I Petrus 2:24; 3:22; I Yohanes 4:15)
  4.  Aku percaya kepada ROH KUDUS dengan kepribadian dan pekerjaan-Nya pada zaman ini (Yohanes 4:23-24; Yohanes 14:16-17; Yohanes 16:13)
  5.   Aku percaya bahwa semua manusia telah berdosa, sebab itu harus bertobat dan percaya kepada TUHAN YESUS KRISTUS, sebagai JURUSELAMATnya pribadi untuk keampunan dosa (Mazmur 51:7; Kisah Rasul 2:38; Roma 3:23)
  6.  Aku percaya bahwa BAPTISAN AIR adalah perintah Tuhan Yesus Kristus dan bahwa cara pelaksanaan baptisan adalah secara selam (Matius 3:13-17; 28:19; Markus 16:16; Kisah Rasul 8:38-39; Roma 6:4)
  7.  Aku percaya bahwa Perjumuan Suci adalah perintah TUHAN YESUS KRISTUS untuk memperingati Kematian-Nya dengan makan roti dan minum anggur (Lukas 22:19-20; Yohanes 6:55-56; I Korintus 11:23-26)
  8.  Aku percaya bahwa Kesembuhan ILAHI berdasarkan bilur-bilur dan pengorbanan KRISTUS di atas kayu salib (Yesaya 53:5; Matius 8:17; I Petrus 2:24; Yakobus 5:14-15)
  9.  Aku percaya akan Baptisan ROH KUDUS dengan tanda bahasa Roh / Glosolali, manifestasi karunia-karunia Roh Kudus dan Buah Roh Kudus (Kisah Rasul 2:4; 10:46; Kisah Rasul 19:6; Roma 12:3-8; I Korintus 12:8-11, 27-31; Galatia 5:22-23; I Petrus 4:10-11)
  10.   Aku percaya akan kebangkitan dari kematian. Bagi orang yang percaya untuk kehidupan kekal dan bagi orang yang tidak percaya untuk penghukuman kekal (Yohanes 3:36; 5:24-29; Kisah Rasul 24:15, 25; I Tesalonika 4:13-18; Wahyu 20:11-15; 21:7-8)
  11.  Aku percaya bahwa GEREJA pada hakekatnya adalah TUBUH KRISTUS, merupakan kesatuan rohani orang-orang beriman yang menjadi garam dan terang di dunia ini dengan TUHAN YESUS KRISTUS sebagai KEPALA GEREJA (Matius 5:13-14; Yohanes 17:20-22; I Korintus 12:12-17; Efesus 4:1-4, 15)
  12.  Aku percaya bahwa PERSEPULUHAN adalah MILIK TUHAN yang wajib kita kembalikan kepada-Nya (Maleakhi 3:8-10)
IX. ANALISIS SWOT JEMAAT
Strength: Kekuatan, Weaknesses : Kelemahan, Opportunity : Peluang/Kesempatan, Threats : Ancaman / Tantangan
1.            KEKUATAN
  1. Ketiga Tritunggal Allah, Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus
  2. Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
  3. AD, ART dan Peraturan Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua.
  4. Hasil Rapat Umum Jemaat (RUJ).
  5. Hasil Rapat Tahunan Jemaat (RTJ).
  6. Memiliki 6 Kaum Profesional yang siap dipakai dimana saja dan kapan saja diberikan tugas oleh siapapun baik itu dalam Gereja maupun diluar Gereja.
  7. Memiliki 4 unsur organisasi, yaitu Komisi Perkaya, Komisi Perkauan, Komisi Pemuda dan Komisi Anak dan Remaja.
  8. Memiliki Aset Golgota; Gedung Gereja, Pastori Utama, Sedang Bangun Sekertariat Terpadu maju mundur satu atap dengan Pastori II.
  9. Mampu menghadapi ancaman dan tantangan Iman selama 12 Tahun.
  10. Mampu membuka diri dalam Gereja maupun di luar Gereja.
  11. System Pengkaderan dalam Jemaat.
2.           KELEMAHAN
  1. Belum maksinal menjalankan Program Kerja Gereja Kemah Injil KINGMI di Tahan Papua baik AD, ART dan Peraturan Gereja karena lambatnya disolialisasi oleh Pimpinan Sinode.
  2. Belum maksinal menjalankan Hasil Keputusan RUJ dan RTJ dalam Gereja KINGMI Jemaat Golgota Irigasi-Timika.
  3. Kurang adanya tenaga  Kaum Profesional yang Jemaat Kader.
  4. Liturgynya masih menggunakan bahasa daerah akhirnya warga pendatang yang bergabung biasa keluar.
  5. Belum ada sumber pendapatan keuangan yang tetap di kas Jemaat.
  6. Gembala Sidang lambat melayani anggota Jemaat yang sakit akhirnya banyak anggota jemaat yang meninggal dunia.
  7. Belum ada kerja sama yang baik antara Jemaat dengan Gembala Sidang, akhirnya banyak program kerja harian, mingguan, bulanan dan tahunan serta satu Periodek tidak maksimal dilakukan.
3.            PELUANG
  1. Menjalankan Pelayanan penggembalaan dan Kependetaan dengan semangat dan tidak ada yang terlewat.
  2. Mendorong Iman bagi Jemaat untuk lebih menaati dan mengasihi Tuhan dengan segenap hati.
  3. Perlu tersedianya Sarana dan Prasarana bagi Jemaat yang siap dipakai seperti Sekertariat Terpadu BPJ, Dep.PAR Koordinator, Dep. Keadilan & Perdamaian Koordinator, STTWP Kampus V Timika.
  4. Perlu menyiapkan Pastori II Golgota
4.             ANCAMAN / TANTANGAN
  1. Saat membuka Pos PI diejek dan diolok dengan tuduhan Golgota sedang melakukan ajaran Kharismatik, sudah mulai keluar dari Injil Empat Berganda, tidak taat pada AD/ART dan Peraturan Gereja. Tuduhan dan ejekan ini datang dari Pimpinan Gereja, Rekan Hamba Tuhan dan luar Gereja dan bahasa ini sampai hari ini masih ada.
  2. Orang Tak Kenal (OTK) membunuh seorang Suku Kei dan buang di jalan keluar masuk Gereja Pos PI Golgota saat itu.
  3. Ada sekelompok Warga Mee yang datang membubarkan serta membongkar mimbar dan Gedung Gereja Pos PI Darurat saat Ibadah Minggu Pagi berlangsung dan warga Jemaat mendoakan untuk mengampuni.
  4. Sekelompok Masyarakat Ndunga datang menyerang di Golgota saat mereka ingin mau mengambil Tanah yang digarap oleh Pos PI Golgota.
  5. Sekelompok Warga Suku Amunme datang menyerang di Golgota  saat mereka ingin mau mengambil Tanah yang digarap oleh Pos PI Golgota.
  6. Sekelompok aparat militer datang melarang membuat Jalan masuk Gereja Golgota menurut mereka bahwa tanah tersebut ada Sertifikat Tanah dan prose situ diselesaikan di Kantor Pertanahan.
  7.  Setiap kali Doa Senam Pagi (DSP) orang sebarkan bahwa Golgota sedang melakukan ajaran Kharismatik.
  8.  Ada sekelompok Orang yang datang membongkar dan merusak Pastori, mengambil semua asset Alat Tulis Kantor (ATK), Kipas Angin, Buku-Buku diangkut menggunakan Mobil Avansa dirampok dibawa lari, dan orang-orangnya sudah di identifikasi dan barang-barang juga tersimpan disalah satu tempat. (Kasus ini akan diproses setelah ada salah satu Barang Bukti ada ditangan) bekerja sama dengan Dep.Keadailan dan Perdamaian Koordinator Puncak Selatan.
  9.  Ada sekelompok orang pintar yang biasa kirim Santet/Kuasa Okultisme untuk membunuh dan melemahkan pelayanan Golgota.
X.  PROGRAM KERJA
a.           Program Fisik
  1.  Pembangunan rumah Hamba Tuhan seatap dengan Kantor Sekertariat Terpadu antara BPJ, STTWP, Dep.PAR Koordinator, Dep. Keadilan & Perdamaian Koordinator, GRANAMIK.
  2.  Pembangunan Timbunan dan Pagar
  3.  Pembanguna Kamar Mandi Parmanen
b.           Program Pelayanan Kependetaan
a.    Kelas Baptisan
b.    Penyerahan Anak
c.    Perjamuan Suci
d.    Nikah Pemberkatan
c.            Program Pelayanan Penggembalaan
a.    Doa Jemaat Selasa dan Jumat
b.    Ibadah Keluarga hari Rabu
c.    Ibadah Perkauan hari Kamis
d.    Ibadah Anak dan Remaja hari Sabtu
e.    Ibadah Pemuda Minggu Sore
f.     Pelayanan Doa Orang Sakit
g.    Pelayanan Doa Pelepasan
h.    Pelayanan Konseling dan Bimbingan
d.           Pelayanan Publik
a.    Kampanye Anti Narkoba dan Miras bekerja sama dengan Gerakan Anti Narkoba dan Minuman Keras (GRANAMIK)
b.    Kampanye Hentikan Perang Suku bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Teologi Walter Post Kampus V Timika
c.    Kampanye Hentikan kekerasan, penangkapan, penahanan, secara sewenang-wenang tanpa KHUAP, Advokasi, melakukan penangguhan bekerja sama dengan Departemen Keadilan dan Perdamaian Koordinator Puncak selatan.
d.    Kampanye Menangkan Anak Selamatkan Generasi dari Narkoba, Miras, Pergaulan bebas,Isap Lem Fox dll bekerjasama dengan departemen Anak dan Remaja Koordinator Puncak Selatan.
XI.  DATA JEMAAT
Jumlah Anggota Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat GOLGOTA Irigasi-Timika adalah:
  1. Anak dan Remaja              : 40 Orang
  2.  Pemuda/I                         : 26 Orang
  3.  Perkawan                         : 45 Orang
  4.  Perkarya                           : 28 Orang 
  5. Jumlah                             : 139 Orang
  6.   Meniggal dlm tahun ini
-        Dewasa                   : 3 Orang
-        Anak-anak               : 2 Anak
Jumlah Anggota          : 134 Orang

XII. PENUTUP
          Gereja Kemah Injil (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi, Timika-Papua hadir menghadapi berbagai macam tantangan, maka Gereja Kemah Inijl (KINGMI) Jemaat Golgota Irigasi,Timika-Papua TETAP BERDIRI TEGUH di Timika-Papua. KINGMI PULANG KAMPUNG PAPUA MENGHADAPI BERBAGAI MACAM TANTANGAN BEGITUPUN ANAKNYA KINGMI JEMAAT GOLGOTA IRIGASI PULANG DI DUSUN IRIGASI TIMIKA PAPUA DENGAN BERBAGAI MACAM TANTANGAN.
 “ BERUBAH UNTUK MENJADI KUAT”
“DI BALIK TANTANGAN ADA BERKAT.”

TIMIKA, 8 APRIL 2019
GEMBALA SIDANG
GEREJA KEMAH INJIL (KINGMI) JEMAAT GOLGOTA TIMIKA-PAPUA
ttd
PDT DESERIUS ADII, S.TH.


FOTO-FOTO SAAT KEGIATAN PEMOTONGAN KUE ULANG TAHUN KINGMI JEMAAT GOLGOTA YANG KE-XII IRIGASI-TIMIKA, PAPUA BERSAMA DENGAN BUPATI MIMIKA YANG DIWAKILI OLEH ASISTEN II BIDANG EKONOMI DAN HUKUM SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN MIMIKA












Share this post :
 
Support : Website | Jemaat Golgota | Gereja Kingmi
Copyright © 2017. SUARA GOLGOTA - All Rights Reserved
Template Created by Websiteby Bukit Golgota
Proudly powered by --